Wahai Para Guru, Ketahuilah 5 Cara Ini Untuk Membuat Anak-Anak Tetap Termotivasi di kelas!

Oleh : Komang Sierrafany Surya Libhi



Salah satu kekhawatiran utama bagi orang tua dan pendidik adalah kurangnya motivasi anak untuk berpartisipasi dengan baik di kelas. Padahal motivasi yang tinggi itu sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran di kelas. Saat anak-anak sudah tidak termotivasi, prestasi yang lebih baik akan sulit untuk dijangkau. Akan tetapi motivasi tidaklah bisa dipaksakan karena hal itu hanya akan memperburuk keadaan. Lalu bagaimanakah caranya untuk menghadapi anak yang tampaknya tidak termotivasi untuk terlibat dalam kegiatan belajar di kelas? Berikut ini adalah 5 cara positif yang bisa dilakukan untuk membantu anak agar termotivasi untuk aktif di dalam kelas.


1. Ubahlah Suasana Pembelajaran

Ruang kelas adalah tempat yang nyaman untuk belajar. Akan tetapi, duduk berlama-lama di kelas nampaknya bisa membuat anak-anak merasa bahwa belajar adalah hal yang membosankan. Untuk memupuk kembali semangat mereka saat mempelajari suatu mata pelajaran, cobalah untuk mencari suasana baru, misalnya saja dengan mengajak mereka untuk melakukan pembelajaran di luar kelas seperti melakukan observasi di sekitar taman sekolah ataupun dengan mengajak mereka untuk mencari informasi tambahan di perpustakaan.


2. Gunakanlah Persaingan Positif

Persaingan di kelas tidak selalu merupakan hal yang buruk. Bahkan dalam beberapa kasus, hal tersebut dapat memotivasi anak-anak untuk berusaha lebih keras lagi dalam belajar. Untuk hal ini, gunakanlah persaingan yang bersahabat; contohnya melalui permainan kelompok yang terkait dengan materi ataupun permainan yang dapat memberikan kesempatan bagi anak untuk memperlihatkan pengetahuan atau keterampilan mereka.


3. Tawarkanlah Hadiah

Umumnya anak-anak sangat senang mendapat hadiah dan dengan menawarkan hadiah atas usaha yang mereka lakukan dapat menjadi sumber motivasi bagi mereka. Hadiah bisa berupa apapun sesuai kebutuhan dan minat anak atau salah satu contoh hadiah yang sederhana adalah dengan memberikan stiker berisi kalimat motivasi. Akan tetapi, pastikanlah hadiah yang bersifat positif dapat didistribusikan ke anak-anak yang mau berusaha keras walaupun belum mencapai hasil maksimal.


4. Biarkan Anak Untuk Bekerja Kelompok

Bekerja dalam kelompok dapat memberikan kesempatan anak untuk mencoba memecahkan masalah, melakukan eksperimen, dan mengerjakan proyek dengan siswa lain. Interaksi sosial dapat membuat mereka saling memotivasi untuk mencapai suatu tujuan. Dalam hal ini, perlu dipastikan bahwa kelompok seimbang dan adil, sehingga beberapa siswa tidak melakukan lebih banyak pekerjaan daripada yang lain.


5. Berikanlah Pujian

Pujian adalah cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan motivasi anak. Tak terkecuali anak-anak, orang dewasa pun mendambakan pengakuan dan pujian. Dengan demikian, untuk menghargai kesuksesan dan kerja keras anak-anak alangkah baiknya agar guru memberikan pujian yang besar agar mereka lebih termotivasi lagi menampilkan hasil terbaik dari diri mereka.

Itulah 5 cara yang dapat diimplementasikan untuk mendorong motivasi anak-anak dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Semoga dapat membantu peningkatan motivasi belajar anak di kelas.



Daftar Pustaka


How To Keep Students Motivated In School

https://www.oxfordlearning.com/how-to-keep-students-motivated-in-school/


5 Things For Keeping You Child Motivated In School

https://firstthings.org/child-motivated-in-school/


10 Ways To Keep Motivate You Child To Be Better In School

https://www.empoweringparents.com/article/10-ways-motivate-child-better-school/




Featured Posts
Posts are coming soon
Stay tuned...
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square